Cara Cek Android

Bagi anda yang baru saja membeli sebuah ponsel berbasis Android, baik baru ataupun second alias bekas, ini adalah tips menarik untuk anda, yakni cara cek android, apakah Android baru anda itu asli atau palsu, dan apakah Android second anda sudah pernah di root atau belum.
Cara Cek Android
Gadget Android yang sudah pernah di root jelas akan merugikan anda, karena garansinya tidak akan berlaku (bagi gadget Android second yang masih bergaransi).

Cara cek Android – Sudah di root atau belum
Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah ponsel Android anda sudah pernah di root atau belum, di antaranya:

1. Superuser
Cara pertama adalah, temukan akses Superuser pada ponsel Android anda, bila Android anda memilikinya, maka dipastikan sudah di root.

2. Instal aplikasi ini
Aplikasi GameCIH2 dan AdFree merupakan dua contoh aplikasi yang memerlukan akses SU alias Superuser. Coba download dan instal salah satu dari aplikasi tersebut, bila ponsel Android anda bisa langsung menjalankannya, jelas, ponsel Android anda telah di root.

3. Terminal Emulator
Cara cek Android apakah sudah di root atau belum selanjutnya adalah dengan mendownload aplikasi bernama Android Terminal Emulator. Bila saat menjalankan aplikasi ini anda melihat tanda # (tanda pagar), berarti ponsel Android anda sudah di root. Tetapi jika anda melihat ada tanda $ (simbol dolar), berarti ponsel Android anda belum di root.

Cara cek Android – Asli atau palsu
Hati-hati bila anda membeli ponsel Android dengan harga yang sangat murah. Karena bisa saja ponsel Android tersebut adalah palsu. Palsu disini bisa berarti ponsel tersebut hanya replika, ataupun buatan lokal maupun Cina.

1. Melalui website opera
Untuk mengetahui apakah ponsel Android anda asli atau palsu, akseslah situs app.opera.com, ketika sudah muncul halaman website-nya, scroll-lah ke bawah, anda akan melihat nama/tipe gadget Android yang anda pakai untuk mengakses situs tersebut. Ponsel Android yang palsu, termasuk replika, akan dibaca oleh web tersebut sebagai Generic Android. Maka, bila anda melihat “Your device is Android Generic Android”, maka sudah dipastikan gadget anda adalah palsu.

2. Hasil jepretan kamera
Gunakan hasil jepretan kamera ponsel Android anda untuk mengecek keaslian gadget Android anda. Caranya, ambil foto menggunakan kamera ponsel Android anda, lalu buka hasilnya melalui komputer. Pada foto yang baru anda ambil tadi, klik kanan, kemudian Properties > Summary > Advanced. Nah, perhatikan informasi detailnya, pada ‘Equipment Make’, akan muncul informasi brand/merek ponsel anda, dan pada ‘Camera Model’, akan muncul tipe ponsel anda.

4. Tes IMEI
Cara cek Android palsu atau asli berikutnya, ketik *#06# pada layar ponsel Android anda, dan lihatlah deretan angka nomor IMEI ponsel anda. Samakan nomor tersebut dengan nomor yang tertera pada bagian belakang ponsel (tertutup baterai), atau anda juga bisa melihatnya di box/kotak ponsel anda. Setelah itu, masukkan nompr IMEI tersebut ke link http://www.numberingplans.com/?page=analysis&sub=imeinr, dan lihatlah detail ponsel Android anda.

Bagaimana, cara cek Android di atas sangat membantu anda, bukan?

Terkait :
  1. Cara Cek IMEI
  2. Cara Cek Garansi Samsung
  3. Cara Cek Android
  4. Cara Cek Blackberry
  5. Cara Cek Garansi iPhone
  6. Cara Cek Garansi iPad
  7. Cara Cek Garansi Apple
  8. Cara Cek Hp Samsung
  9. Cara Cek Hp Nokia

Cara Cek Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Yunita Fitriyanti