Cara Cek CDI Pada Motor

Bagaimana cara mengecek CDI? Seiring berjalannya waktu, berbagai peralatan yang ada di motor pasti akan rusak karena semua komponen tersebut bersifat sementara. Kerusakan komponen itu bisa mengakibatkan beberapa kendala dari yang ringan sampai berat seperti motor tidak mau dihidupkan. Jika motor sampai mogok tidak mau dihidupkan, biasanya kerusakan terjadi pada sistem perpiannya yang meliputi busi, koil atau CDI. Jadi pengecekan bisa dilakukan dari busi dahulu, koil dan terakhir CDI. Dan pada tulisan kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengecek CDI apakah masih baik atau sudah mati total.
Cara Cek CDI Pada Motor

CDI (Capasitive Discharge Ignition) merupakan pengganti dari platina yang sering kita dengar di zaman dulu. CDI berfungsi sebagai pengontrol tegangan dan waktu pengapian ke koil pengapian. Kapasitor di dalam CDI akan menyimpan listrik sementara dan jika ada sinyal dari pulser/ sensor maka CDI akan mengalirkan listrik tersebut ke koil. Jika CDI rusak, maka dipastikan listrik yang dialirkan dari busi tidak akan sampai ke koil dan itu akan membuat motor tidak bisa dihidupkan.

Cara Mengecek CDI, Mendeteksi Kerusakannya
Ada beberapa cara untuk mengecek CDI di motor kita. Pengecekan bisa dilakukan dengan urutan apakah ada api di kabel koil, lalu ke sepul dan terakhir baru ke CDI. Jika motor tiba-tiba mati di tengah perjalanan, hendaknya kita menepi dahulu dan carilah tempat yang aman. Setelah mendapatkan tempat yang dirasa aman dan nyaman untuk membongkar motor, bukalah cop busi lalu dekatkan kabel ke busi dan coba hidupkan motor. Jika di cara ini tidak ada percikan api dari busi, maka bisa dipastikan kerusakan yang terjadi di sistem pengapiannya. 

Untuk memastikan sistem pengapian mana yang rusak, coba cek dahulu kondisi aki, sepul dan sekring masih bekerja normal atau tidak. Jika semua bekerja secara normal, coba cek bagian koil. Coba lepaskan soket positif dari CDI dan tempelkan ke ground lalu starterlah. Jika tidak keluar percikan api, bisa dipastikan CDI rusak dan waktunya untuk diganti. 

Selain itu, cara cek CDI rusak atau tidak juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat ukur avometer. Caranya, setel dahulu avomoter di sinus 200 Volt. Hubungkan kabel merah avometer ke kabel CDI yang menghubungkan ke koil. Sedangkan kabel hitam avometer hubungkan ke bodi motor. Setelah itu nyalakan motor dengan starter dan lihatlah avometer apakah ada arus tegangan yang keluar dari CDI atau tidak. Jika tidak ada arus listrik dari CDI, maka dipastikan CDI sudah dalam keadaan rusak dan gantilah dengan CDI yang baru. 

Semoga panduan cara cek CDI di atas, dapat membantu.
Terkait :
  1. Cara Cek Tagihan PDAM
  2. Cara Cek Saldo Bank BCA
  3. Cara Cek Saldo Bank Mandiri
  4. Cara Cek Saldo Bank BRI
  5. Cara Cek Tagihan Speedy
  6. Cara Cek Driver Komputer
  7. Cara Cek Saldo Jamsostek
  8. Cara Cek SK Sertifikasi Guru
  9. Cara Cek Saldo Bank BNI
  10. Cara Cek IP Address
  11. Cara Cek SK Tunjangan Profesi
  12. Cara Cek Harddisk
  13. Cara Cek Email Yahoo
  14. Cara Cek Domain
  15. Cara Cek Cendol
  16. Cara Cek CDI
  17. Cara Cek Backlink
  18. Cara Cek Data Dapodik Guru
  19. Cara Cek Barang di Tiki
  20. Cara Cek Barang di JNE
  21. Cara Cek Tagihan Listrik PLN