Cara Cek Garansi Samsung

Bagaimana cara mengecek garansi Samsung? Samsung merupakan produk elektronik yang sudah memiliki nama besar dan juga pasar yang besar. Samsung pada awalnya lebih dikenal dengan berbagai produk elektronik yang mencakup kebutuhan rumah tangga seperti kulkas, mesin cuci dan air conditioner, lalu ada juga produk kamera, perangkat komputer dan sekarang juga terkenal dengan produk ponsel pintarnya yang selalu menjadi kandidat terbesar Apple. Indonesia merupakan salah satu negara dengan minat yang sangat tinggi untuk berbagai produk Samsung. Jika Anda membeli berbagai produk Samsung, pastinya akan dilengkapi dengan buku manual serta kartu garansi. Dua hal tersebut kebanyakan akan diabaikan karena mungkin Anda sudah yakin dengan keadaan fisik dari barang tersebut. Padahal, garansi merupakan salah satu hal yang sangat berguna karena akan Anda gunakan ketika barang yang dibeli ternyata memiliki cacat fisik bawaan pabrik. Cacat fisik bawaan pabrik sering tidak terlihat ketika barang itu dalam keadaan belum dipakai, dan akan terlihat beberapa hari ataupun beberapa bulan setelah penggunaaan.
Cara Cek Garansi Samsung

Kesadaran masyarakat Indonesia khususnya tentang pentingnya sebuah garansi di produk elektronik memang sangatlah kurang. Kartu garansi akan dibiarkan saja berada di dus ataupun lupa diletakkan di mana. Konsumen akan merasa membutuhkan ketika terjadi kerusakan dari produk tersebut dan perlu di service. Service sebuah barang pastinya harus dibayar dengan beberapa lembar rupiah, namun jika masih ada garansi Anda tidak akan dikenai biaya jika kerusakan tersebut bukan karena faktor kesalahan Anda. Garansi yang diberikan oleh produsen elektronik sangatlah beragam dan minimal garansi selama satu tahun dan ada juga yang lebih dari itu. Untuk produk Samsung, memiliki garansi yang beragam seperti produk elektronik rumah tangga yang memiliki garansi selama tiga tahun dan untuk ponsel pintar biasanya selama satu tahun.

Bagaimana Cara Mengecek Garansi Samsung?
Kebiasaan tidak memperhatikan sebuah garansi produk yang Anda beli, pastinya akan membuat Anda lupa kapan garansi itu habis atau barang itu masih dalam masa garansi atau tidak. Ada beberapa cara untuk mengecek garansi Samsung Anda masih berlaku atau tidak. 
  • Cara yang pertama yakni melihat kartu garansi yang disediakan dalam satu paket pembelian produk barunya. Amati kartu garansi tersebut dan lihatlah berapa lama garansi yang diberikan oleh Samsung. Jika sudah mengetahui lama garansinya, coba perhatikan tanggal Anda membeli produk tersebut. Garansi dihitung sejak Anda membeli produk tersebut. 
  • Jika masih kurang yakin, Anda bisa membawa produk Samsung ke Samsung Service Center yang ada di kota Anda. Tunjukkan kepada petugas jenis kerusakan apa yang terjadi di produk Samsung. Petugas akan mengecek nomor seri produk dan akan memberitahukan Anda produk Samsung masih dalam masa garansi atau tidak. Jika masih dalam masa garansi Anda bisa tidak dikenakan biaya perbaikan namun jika sudah keluar dari masa garansi, Anda akan dibebani biaya service yang besarnya tergantung kerusakan yang diderita produk Samsung tersebut.

Terkait :
  1. Cara Cek IMEI
  2. Cara Cek Garansi Samsung
  3. Cara Cek Android
  4. Cara Cek Blackberry
  5. Cara Cek Garansi iPhone
  6. Cara Cek Garansi iPad
  7. Cara Cek Garansi Apple
  8. Cara Cek Hp Samsung
  9. Cara Cek Hp Nokia