Cara Cek Harddisk

Cara Cek Terbaru - Harddisk merupakan sebuah benda terpenting di komputer ataupun laptop sebagai media penyimpan data. Jika terjadi kerusakan harddisk, maka bisa saja semua data penting baik yang menyangkut pekerjaan, kuliah ataupun sekolah akan hilang. Untuk mengantisipasi masalah tersebut, Anda bisa melakukan pengecekan harddisk secara berkala. Dengan mengetahui cara cek harddisk, Anda akan mengetahui keadaan harrdisk dalam keadaan baik atau sudah mengalami tanda-tanda kerusakan. Dengan mengetahuinya, Anda bisa melakukan antisipasi misalnya memback up data yang ada di dalamnya ataupun langsung mengganti dengan harddisk yang baru.

Harddisk yang akan rusak biasanya mempunyai beberapa ciri yakni lamanya proses booting ketika menghidupan laptop/ PC, kinerja komputer menjadi lambat, loading lama ketika membuka file explorer ataupun ada bunyi seperti detak jarum jam. Jika tanda-tanda di atas terjadi, alangkah lebih baiknya Anda melakukan pengecekan keadaan harddisk.

Cara Cek Harddisk


Cara Mengecek Harddisk Secara Cepat dan Benar
Ada beberapa cara mengecek harddisk untuk mengetahui kesehatan sebuah harddisk. Secara garis besar, bisa diterangkan menjadi dua car yakni tanpa software dan dengan bantuan software. Untuk yang pertama akan dibahas cara cek harddisk dengan tanpa software. Cara mengecek harddisk ini bisa dilakukan jika komputer/laptop Anda ber-OS Windows baik Windows XP, Windows 7 maupun Windows 8. Windows sebenarnya sudah menyediakan cara untuk mengecek harddisk tanpa melalui software dengan bantuan dari CHKDSK.exe. Cara cek harddisk menggunakan CHKDSK.exe ialah dengan cara klik star - All program - Accessories - Command Prompt. Jika Ada menggunakan windows 8 yang tidak memiliki tombol star, Anda bisa menekan tombol Windows + R, kemudian ketik "cmd" lalu tekan enter. Setelah menu command prompt terbuka, ketikkan "CHKDSK" kemudian tekan enter dan proses scanning akan dimulai. Selain itu ada cara lain untuk mengecek harddisk yakni dengan mendouble klik My Computer, klik kanan pada partisi harddisk yang ingin dicek, kemudian klik properties,lalu pilih tabs tools dan klik Check Now yang terletak di form Error-checking. Lama waktu Windows mengecek keadaaan harddisk targantung dengan jumlah file dn folder, volume harddisk, performa harddisk, memori serta prosesor yang ada pada komputer Anda.

Cara cek harddisk kedua yakni menggunakan bantuan software. Ada software yang bisa digunakan untuk mengecek kesehatan harddisk, salah satunya menggunakan software CrystaliskDiskInfo. Software ini selain bisa mengetahui keadaan harddisk juga mennampilkan data lain seperti temperatur, kapasitas harddisk, nilai RPM dan juga firmware. Software CrystaliskDiskInfo sudah compatible dengan semua jenis Windows baik baru maupun versi lama dan juga Windows Server 2003 ataupun 2008. CrystaliskDiskInfo bisa didownload melalui link berikut http://crystalmark.info/?lang=en. Dengan berbagai cara mengecek hardisk di atas, Anda dapat mengambil tindakan jika dalam pemeriksaan yang dilakukan harddisk diketahui dalam keadaan sekarang dan waktunya untuk diganti. Dengan mengetahui lebih dini, pastinya tidak akan membuat pekerjaan Anda terganggu.
Terkait :
  1. Cara Cek Tagihan PDAM
  2. Cara Cek Saldo Bank BCA
  3. Cara Cek Saldo Bank Mandiri
  4. Cara Cek Saldo Bank BRI
  5. Cara Cek Tagihan Speedy
  6. Cara Cek Driver Komputer
  7. Cara Cek Saldo Jamsostek
  8. Cara Cek SK Sertifikasi Guru
  9. Cara Cek Saldo Bank BNI
  10. Cara Cek IP Address
  11. Cara Cek SK Tunjangan Profesi
  12. Cara Cek Harddisk
  13. Cara Cek Email Yahoo
  14. Cara Cek Domain
  15. Cara Cek Cendol
  16. Cara Cek CDI
  17. Cara Cek Backlink
  18. Cara Cek Data Dapodik Guru
  19. Cara Cek Barang di Tiki
  20. Cara Cek Barang di JNE
  21. Cara Cek Tagihan Listrik PLN