Cara Cek Daftar Tunggu Haji Sistem Online

Cara cek daftar tunggu haji tidak harus datang ke Kementerian Agama atau penyelenggara haji. Tapi bisa dilakukan dengan online, sistem informasi yang canggih memudahkan dalam mengakses website informasi keberangkatan haji. Haji merupakan rukun Islam yang ke lima, dengan ketentuan bagi mereka yang sudah mampu. Tetapi jika melihat kondisi riil sekarang, jumlah calon jama’ah haji yang sudah terdaftar di Kementerian Agama RI telah antri sampai tahun 2021. Waktu pemberangkatan tahun 2021 berlaku untuk para calon jamaah haji yang mendaftar pada tahun 2012-2013. Fakta ini menunjukkan bahwa umat Muslim di Indonesia sebagian besar telah memenuhi ketentuan mampu untuk beribadah Haji ke Tanah Suci. Bahkan banyak masyarakat yang sudah mendaftar haji tapi belum mengetahui kapan mereka akan berangkat karena pada tahun 2013-2014 pihak pemerintah Arab Saudi mengurangi jumlah kuota jama’ah haji sebesar 20% untuk Indonesia karena Masjidil Haram sedang dalam renovasi. Tentu ini berpengaruh terhadap perubahan daftar tunggu haji bagi mereka yang sudah terdaftar.
Cara Cek, Cara Cek Daftar Tunggu Haji, Secara Online,
Klik gambar untuk memperjelas
Berikut cara cek daftar tunggu haji dengan menggunakan sistem online, tahun berapa nomer antri yang telah dimiliki akan berangkat haji, nomor antri dapat dimiliki apabila telah membayar biaya setoran awal BPIH dengan mendapat nomor porsi antrian calon jama’ah haji dari kementrian Agama. Cara mengeceknya sebagai berikut:

• Membuka situs resmi penyelenggara haji Kementerian Agama RI
Alamat situs resmi yang bisa diakses www.haji.kemenag.go.id pada halaman situs tersebut Anda dapat mencari segala hal tentang informasi haji, termasuk daftar tunggu haji dengan membuka tab pilihan pada situs. Pilih menu info publik haji, dalam menu tersebut terdapat perintah dialog untuk menuliskan nomor porsi yang sudah Anda punya serta menuliskan tanggal lahir. Setelah itu klik submit yang terletak dibawah kotak dialog untuk masuk ke informasi selanjutnya.

• Cara mengetahui daftar tunggu haji dalam website
Setelah submit nomor porsi dan tanggal lahir, tampilan selanjutnya muncul berupa halaman data pribadi calon jama’ah haji yang bersangkutan. Urutan yang paling atas adalah nomor porsi kemudian nama lengkap dan data riwayat lain. cara cek daftar tunggu haji dapat dibaca di halaman tersebut tepatnya dibawah data riwayat calon jama’ah. Keterangannya berupa estimasi tahun berangkat serta urutan antrian provinsi dan kabupaten. Keterangan tahun berangkat berupa tahun hijriyah, misalnya estimasi berangkat pada tahun 1436H berarti tahun pemberangkatan pada tahun 2016. 

Dengan demikian, Anda dapat mengetahui daftar tunggu haji dengan mudah serta melayani akses 24jam untuk memenuhi kebutuhan informasi kepada calon jama’ah haji dengan cara cek daftar tunggu haji online.