Cara Cek Gula Darah Sendiri

Cara cek gula darah untuk mengetahui batas normal kadar gula pada tubuh dapat dilakukan sendiri, tentunya menggunakan alat pengukur gula darah yang disebut glucometer. Kadar gula darah pada manusia selalu berubah setiap saat, misalnya setelah makan kadar gula dalam tubuh tentunya akan meningkat termasuk menu yang dikonsumsi karena setiap makanan mempunyai kandungan glukosa yang berbeda. Oleh karena itu dianjurkan untuk sering melakukan cek gula darah dan tidak harus pergi ke dokter. Dengan tetap memantau perkembangan kadar glukosa akan menjaga tekanan yang tidak berlebihan, hal ini sangat penting bagi yang sudah terkena diabetes karena jika kadar gula terlalu tinggi akan beresiko menimbulkan komplikasi bagi penderita diabetes.
Cara Cek, Cara Cek Gula Darah,
Kadar gula darah bisa dikatakan normal pada tubuh manusia jika dalam batas angka 200mg/dl, angka tersebut diukur saat 2 jam setelah makan. Berarti apabila diukur sebelum makan harus di bawah angka 200mg/dl. Lalu dengan cara cek gula darah apa yang bisa dilakukan untuk mengukur kadar gula dalam tubuh kita? Sebenarnya mengukur nilai gula darah cukup mudah tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mengukur kandungan gula darah.

Ikuti langkah-langkah dalam mengukur kadar gula darah dibawah ini:
  • Siapkan alat yang diperlukan untuk mengukur, seperti Glucometer, alkohol beserta kapas, lancet atau jarum penusuk, alat penusuk serta test strip. Apabila Anda tidak mempunyai Glucometer, alat tersebut dapat dibeli di toko alat kesehatan atau apotik dengan harga sekitar Rp.350.000,- jangan dilihat dari harganya, tapi fungsinya sebagai cara cek gula darah untuk tetap menjaga tetap normal.
  • Pastikan kedua tangan Anda bersih, sebaiknya untuk lebih aman dari kotoran cuci tangan terlebih dahulu supaya tidak terkontaminasi ketika menggunakan alat yang ada.
  • Siapkan jarum penusuk yang masih baru dan steril, kemudian masukkan kedalam alat penusuk. Perlu diperhatikan bahwa jarum penusuk hanya bisa digunakan sekali pakai saja.
  • Pilih ujung jari yang akan ditusuk, sebaiknya jangan menggunakan ibu jari dan kelingking. Serta bersihkan ujung jari menggunakan kapas yang sudah dibasahi alkohol untuk mencegah infeksi setelah ditusuk jarum.
  • Cara selanjutnya yaitu menusuk jarum pada ujung jari, tunggu sampai keluar darah merah pada ujung jari. Apabila darah yang keluar sedikit, tekan pelan-pelan ujung jari Anda supaya darahnya keluar.
  • Masukkan alat test strip yang belum expired ke Glucometer. Apabila test strip sudah masuk masa expired sebaiknya jangan digunakan karena akan mempengaruhi hasil test yang tidak akurat.
  • Basahi test strip dengan darah Anda pada bagian ujungnya, perlu diperhatikan ketika menempelkan ujung test strip tidak boleh melebihi batas yang sudah ada pada test strip tersebut.
  • Setelah itu alat pengukur akan bekerja dengan ditandai munculnya hitungan waktu sampai menunjukkan hasil dari pengukuran, sambil menunggu hasil test bersihkan dan tempel ujung jari dengan kapas yang sudah diberi alkohol. Ini merupakan standar medis untuk menjaga kemungkinan infeksi.
  • Angka hasil akan muncul menunjukkan kadar gula darah yang ada dalam tubuh Anda. 

Sesuaikah dengan standar normal yang sudah anda baca diatas? dengan hasil test tersebut Anda dapat mengetahui besar kadar gula darah yang ada, jika melebihi batas setelah cek kadar gula darah dilakukan, sebaiknya Anda segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan perawatan atau nasihatnya.