Cara Cek RAM Laptop

Cara cek RAM laptop benar-benar harus dikuasai oleh anda yang biasanya menggunakan laptop dalam kehidupan sehari-hari, sehingga anda tak perlu repot meminta tolong anak jurusan teknologi informatika atau TI ketika anda ingin mengecek RAM dalam laptop kesayangan anda. RAM atau Random Acces Memory ini adalah salah satu perangkat keras pada computer yang menentukan kinerja laptop anda. Oleh karena itu, banyak dari anda yang sering mengecek ram laptop jika kinerja laptopnya sudah mulai lola.
Cara Cek RAM Laptop, Cara Cek,

Pada laptop keluaran terbaru mungkin ukuran RAMnya terkadang masih standart yaitu, 512 MB atau 1 GB. Dengan ram ukuran segitupun, dulu anda sudah merasa sangat puas ketika bekerja dengan menggunakan laptop yang anda punya. RAM sendiri mempunyai fungsi untuk menyimpan data pada laptop anda secara sementara, yaitu ketika anda mengaksesnya. Namun, pada zaman sekarang, cara cek RAM laptop sudah banyak dikuasai oleh orang-orang karena biasanya mereka akan mengecek RAM yang tersisa jika kinerjanya sudah mulai lambat dan mereka biasanya akan langsung menggantinya dengan RAM yang lebih besar.

Tetapi, jika anda belum mengetahui bagaimana cara cek RAM laptop, maka anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:
  1. Anda bisa mengeklik start pada laptop anda.
  2. Anda bisa memilih “RUN”. ‘Run’ bisa anda temukan ketika anda mengeklik ‘All Program’, maka akan muncul deretan program-program pada computer anda termasuk program yang sedang anda cari.
  3. Ketika table run sudah muncul, maka anda bisa mengisi kolom ‘open’ pada table tersebut dengan dxdiag.
  4. Anda klik OK, maka informasi tentang sisa RAM anda akan muncul.

Mungkin, anda bertanya-tanya mengapa anda harus mengetahui cara cek RAM laptop. Jika pertanyaan itu muncul dalam benak anda, maka jawabannya adalah untuk membuat kinerja laptop yang anda gunakan semakin cepat. Ketika sisa RAM anda sedikit, maka kinerja laptop akan lambat sehingga anda bisa menghapus data yang sudah tak diperlukan atau anda akan menambah ukuran RAM supaya kinerjanya lebih cepat walaupun dengan program yang banyak pula. Apalagi, orang zaman sekarang yang menggunakan laptonya untuk mendownload program yang bermacam-macam untuk mendukung aktivitasnya, sehingga mereka pastilah membutuhkan RAM yang berukuran besar jika ingin laptopnya bersahabat dengan mereka.

Hal tersebut tentunya sudah dikuasai oleh para penggila game yang biasanya menggunakan laptopnya untuk mengupdate game karena jika game yang ada di laptopnya makin banyak, tetapi RAMnya hanya berukuran standart, maka laptop anda bisa nge-hang atau LOLA ketika game dimainkan. Tetapi, berbeda jika anda hanya menggunakan laptop tersebut untuk aktivitas kantor atau aktivitas yang standart, pastilah RAM yang berukuran 512 MB atau 1 GB pun tak jadi masalah. Semoga informasi tentang cara cek RAM laptop tersebut berguna bagi para pembaca.