Cara Cek Elco

Elco merupakan kepanjangan dari kondensator elektrolit. Elco disebut-sebut sebagai alat yang dipakai untuk mengetahui nilai kapasitas sebuah Elco didalam satuan UF (mikro farad). Untuk orang yang tidak tahu tentang pelajaran elektro mungkin istilah Elco sangat asing. Karena kata Elco hanya muncul pada obrolan sekitar elektronika. Elco yang juga berfungsi sebagai penyimpan arus listrik searah dc ini biasa disebut dengan kapasitor polar. Pada rangkaian elektronik, biasanya menyertakan Elco seperti pada power suplay, regulator dan juga rangkaian lainnya. Kapasitor Elco ini dibagi menjadi dua yaitu kapasitor polar dan bipolar (non polar) ini disebabkan karena kapasitor memiliki dua kutub, yang sering kita kenal dengan kutub negatip dan kutub positip. Karena Elco juga mengalami batas maksimal dalam kerjanya, maka perlu juga diadakan pengecekan. 

Cara Cek Elco,cara cek kapasitor kipas angin,cara cek kapasitor mesin cuci,cara cek kapasitor ac,cara cek kapasitor rusak,
Baca juga : Cara Cek Dead Pixel

Adapun cara cek Elco adalah sebagai berikut:


Cara cek Elco dengan menggunakan multimeter analog
Pertama-tama yang harus dilakukan adalah atur posisi skala Selector ke Ohm (Ω) dengan skala x1K, kemudian hubungkan Probe Merah (Positif ) ke kaki Kapasitor Positif dan hubungkan Probe Hitam (Negatif) ke kaki Kapasitor Negatif. Setelah itu, Periksa Jarum yang ada pada Display Multimeter Analog.
Jika kapasitornya baik, maka Jarum akan bergerak naik dan kemudian kembali lagi. Sedangkan jarum yang bergerak naik tetapi tidak kembali lagi atau jarum tidak naik sama sekali menunjukkan bahwa kapasitor Anda mengalami kerusakan. Cara cek Elco ini masih digunakan hingga saat ini karena dapat memberikan hasil yang sesuai didapatkan, dan dengan cara melihat cara kerja jarum secara langsung membuat orang semakin yakin. Selain itu, alat ini lebih murah dibandingkan dengan alat cek multimeter digital.

Dengan menggunakan multimeter analog.
Cara cek Elco ini tentu saja lebih mudah dari cara cek sebelumnya, karena kita tinggal melihat hasil akhir yang ditunjukkan dengan angka. Caranya yaitu, atur posisi skala Selector ke tanda atau Simbol Kapasitor kemudian hubungkan Probe ke terminal kapasitor, maka pada layar akan muncul angka yang menunjukkan nilai dari kapasitasnya kapasitor.

Karena komponen Elco tidak bisa dilihat dengan mata ketika mengalami kerusakan, maka cara cek Elco perlu dilakukan. Untuk mengetes kerusakan Elco ini bisa dengan menggunakan avometer. Kerusakan pada Elco bisa terjadi karena komponen Elco meletus, hal ini dikarenakan oleh salah pemasangan tegangan positif dan negatifnya yang mengakibatkan konsleting listrik kemudian meledak. Ledakan juga bisa diakibatkan karena melampaui batas maksimum voltase. Untuk mengetahui batas maksimal tegangan yang diperbolehkan untuk suatu Elco biasanya tertulis pada badan Elco, sedangkan untuk tegangan pada Elco dinyatakan dalam satuan volt. Elco memiliki bentuk seperti tabung yang memiliki dua kaki, masing-masing kaki ini adalah negatif dan positif. Biasanya Elco tampil dengan warna hitam mengkilat. Pada rangkaian elektronik biasanya menggunakan Elco ini mengingat fungsi Elco adalah sebagai penyimpan arus listrik searah.