Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Membeli

Apa saja sih cara cek laptop bekas agar tidak mudah kecewa? Ya, pilihan untuk membeli laptop bekas terkadang menjadi solusi yang tepat ketika Anda benar-benar butuh laptop dengan harga murah. Memilih membeli laptop bekas memang lebih murah dibandingkan laptop yang baru, ini tentunya bisa meminimalisir pengeluaran Anda ketika membeli laptop. Namun, banyak sekali kekurangan ketika kita membeli laptop bekas, terutama masalah kualitas laptop. Bagaimanapun, laptop bekas pakai, tentunya memiliki kondisi yang berbeda tergantung dari perawatan para pengguna sebelumnya. Untuk itu, kita harus pintar memilih laptop bekas dengan mengetahui panduan cek laptop bekas.
Cara Cek Laptop Bekas Sebelum Membeli
Baca juga : cara cek Elco

Banyak sekali keluhan dari teman, kerabat ataupun saudara yang mengeluhkan kondisi laptopnya yang bermasalah karena membeli laptop second. Hal ini dikarenakan tidak semua orang mengetahui dengan benar kondisi dari laptop yang dibelinya. Berbeda halnya jika Anda pandai untuk mengecek kondisi sebuah laptop, hal ini justru dapat memberikan Anda keuntungan karena harganya yang jauh lebih murah dibandingkan Anda membeli laptop baru yang masih gress. Untuk itu, kita perlu sekali mengetahui bagaimana cara cek laptop bekas agar Anda mengetahui kondisi laptop yang akan dibeli. 

Sebelum Anda berniat membeli sebuah laptop bekas dengan harga murah, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut ini tips cara cek laptop bekas dengan benar untuk Anda:

Lihat branded
Meskipun Anda memilih laptop bekas, bukan berarti Anda mengabaikan branded yang berkualitas demi harga yang murah. Justru bisa menambah biaya maintenance yang Anda keluarkan suatu saat. Jadi, pastikan Anda melihat branded merk terkenal dengan kualitas yang sudah dipercaya, seperti Acer, Toshiba, Lenovo, Apple. Sony, Asus, dan lain sebagainya.

Cek kondisi fisik laptop
Cara cek laptop bekas selanjutnya adalah dengan memperhatikan kondisi fisik laptop secara keseluruhan. Meskipun biasanya laptop bekas memiliki fisik yang sudah tergores, tapi Anda juga harus lebih selektif dengan beberapa cacat akibat benturan di tiap pojokan laptop. Untuk menghindari kondisi laptop yang pernah dibongkar, sebaiknya perhatikan kondisi mur yang ada di bawah laptop. Anda juga bisa menanyakan pada pemilik sebelumnya tentang hardware yang pernah diganti ataukah belum.

Cek speaker laptop
Meskipun speaker tidak begitu mempengaruhi kinerja laptop, akan lebih baik jika Anda memiliki laptop dengan kondisi speaker yang masih prima. Karena biasanya kita juga mendengarkan mp3, lagu, video dari laptop. Untuk itu, sebelum membelinya cek kondisi speaker dengan mencoba menyetel mp3 dan dengarkan suaranya baik-baik.

Cek kondisi monitor
LCD atau monitor laptop merupakan salah satu fitur yang sangat penting untuk menunjang kinerja laptop. Biaya penggantian LCD juga terbilang sangat mahal, jika Anda tidak jeli memeriksa kondisi LCD atau layar monitor laptop sebelum membeli. Oleh karena itu, Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu dengan menggunakan sebuah software pengecekan monitor atau monitor test. Software ini akan membantu Anda untuk mengecek adanya Dot Pixel atau Dead Pixel.

Cek semua tombol dalam keyboard
Cara cek laptop bekas selanjutnya adalah dengan mengecek apakah semua tombol keyboard berfungsi atau adakah yang rusak menggunakan keyboard test.

Cek kondisi baterai
Hal yang paling penting ketika mengecek laptop bekas lainnya adalah dengan mengecek kondisi dari baterai laptop. 

Ya, itulah beberapa cara cek laptop bekas sebelum Anda memutuskan untuk membelinya dengan harga murah!