Cara Cek Saldo BPJS-Jamsostek-JHT Ketenagakerjaan

Cara Cek Saldo BPJS - Setiap pekerja yang bekerja di perusahaan pasti terikut sebagai peserta dalam program BPJS Ketenagakerjaan. Tiap bulan para peserta ini diwajibkan membayar iuran sebanyak 5,7 % dari jumlah gaji untuk dana JHT ke BPJS Ketenagakerjaan. Premi bulanan BPJS Ketenagakerjaan tadi tak seluruhnya dibebankan ke peserta namun ditanggung pula oleh perusahaan. Pihak perusahaan membayarkan sebanyak 3,7 %, sementara peserta sebanyak 3 %. Seiring berjalannya waktu, dana JHT yang dimiliki peserta tentu akan bertambah banyak. Namun masih banyak para peserta yang tahu bagaimana cara mengeceknya.
cara cek saldo bpjs lewat internet,cara cek saldo bpjs kesehatan,cara cek saldo bpjs online,cara cek saldo jamsostek,jamsostek,cara cek saldo bpjs lewat android,bpjs ketenagakerjaan,bpjs kesehatan,

Cara cek saldo BPJS/Jamsostek kini tak perlu antri lama-lama di kantor cabang BPJS sebab layanan online sudah tersedia dan bisa digunakan dengan mudah. Pertama sekali langkah yang dilakukan adalah login ke https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs. Gunakan UserID/nomor e-KTP/email dan PIN/password untuk masuk ke layanan ini. Di sini para peserta tak hanya akan memperoleh informasi mengenai saldo JHT (Jaminan Hari Tua) dan perincian saldo JHT tahunan namun termasuk pula data mengenai Profil peserta, simulasi Saldo JHT serta pengajuan klaim.

Untuk peserta yang teregistrasi pada layanan website lama, dapat langsung log-in dengan UserID dan Password yang dimiliki. Mereka selanjutnya akan diarahkan ke halaman pendaftaran ulang dengan tujuan melengkapi data sehingga dapat menggunakan layanan di website baru. Bila peserta lupa dengan PIN login, mereka bisa mengikuti prosedur reset PIN yang telah disediakan di website yaitu klik pada menu "lupa PIN" (https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/lupapin.bpjs). Sementara bagi peserta BPJS yang belum membuat akun di layanan online ini bisa mendaftar dengan klik pada menu Registrasi (https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/registrasi.bpjs).

Cara cek saldo BPJS/Jamsostek yang juga cukup mudah dan praktis adalah lewat smartphone. Dengan mengunduh aplikasi BPJSTK Mobile maka para peserta akan bisa mengecek jumlah saldo JHT yang sudah dikumpulkannya selama ini. Aplikasi BPJSTK Mobile tersedia untuk smartphone dengan basis Android, iOS ataupun Blackberry. Pengguna ponsel Android bisa mengunduhnya di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mitracomm.jamsostek&hl=en. Selesai mendownload aplikasi dan membukanya, peserta kemudian disajikan menu pendaftaran pemakaian layanan. Untuk cara cek saldo BPJS/Jamsostek peserta diharuskan melengkapi dan melakukan beberapa arahan yang diberikan dalam aplikasi ini.

Sedangkan data-data yang mesti disiapkan untuk melakukan pendaftaran yakni nomor identitas diri berupa KTP dan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan. Untuk nomor yang tertera di kartu Jamsostek lama pun tetap bisa digunakan untuk mendaftar. Begitu seluruh data diisi dengan lengkap maka selanjutnya peserta dipersilahkan mengetikkan PIN yang dikirim via email. Tampilan selanjutnya dari aplikasi ini setelah berhasil login adalah informasi mengenai jumlah saldo JHT akan tersaji lengkap dengan nama perusahaan asal peserta dan jumlah gaji pokok yang diterima per bulan.

Beberapa fitur penting lain yang ada di aplikasi BPJSTK Mobile ini yaitu : Simulasi Perhitungan Jaminan Hari Tua (JHT), Informasi Program, Informasi Kantor Cabang dan Informasi Pusat layanan dan Sosial Media. Nah, bila masih ada hal-hal yang belum jelas dan butuh penjelasan langsung, peserta bisa segera menghubungi layanan Call Center di nomor 1500910.